26 May 2019

Khatib: Ramadhan Ajarkan Kecerdasan Emosional

KONFRONTASI - Khatib Shalat Idul Fitri 1437 Hijirah di Dataran Engku Putri, Ustadz Lukman Rifai dalam khutbahnya mengajarkan, setelah lulus Ramadhan, maka umat muslim memiliki landasan kecerdasan emosional, demi bekal kesuksesan dunia dan akhirat.

"Dalam Ramadhan, Allah melatih kesabaran, mendidik kecerdasan emonional," katanya dalam khutbah di Kota Batam Kepulauan Riau, Rabu (6/7).

Selama berpuluh-puluh tahun yang lalu, orang hanya mengenal Intelligence Quotion sebagai tolak ukur keberhasilan.

Pada saat itu, kata dia, keberhasilan seseorang hanya ditentukan oleh IQ-nya. Namun, kemudian, teori yang dibanggakan itu runtuh.

"Setelah serangkaian penelitian, IQ bukan segalanya. Menurut hasil penelitian IQ hanya menyumbang 15 persen tingkat keberhasilan seseorang. Yang mengejutkan, EQ, kecerdasan emosional menjadi faktor penentu sekitar 60 persen-85 persen keberhasilan seseorang.

Ternyata faktor keuletan, dispilin, istikomah, kesabaran, kegigihan dan tidak mudah emosi menjadi kunci keberhasilan manusia membangun kesuksesan.

Dalam Islam, sejak 14 abad yang lalu, Al Quran mengenalkan teori EQ, seperti yang tertuang dalam cerita Nabi Yusuf AS, Muhammad SAW, contoh terbaik manusia memiiki kecerdasasan emosional.

Di Bulan Ramadhan, Allah mengajarkan kecerdasan emosional. Selama sebulan, muslim latihan yang mendidik kecerdasan.

"Ramadhan disebut bulan kesabaran karena di dalamnya kita digembleng mentalnya untuk bersabar, untuk memiliki kecerdasan emosional," kata dia.

Sabar ketika lapar dan haus, sabar dari mengumbar kata-kata tidak pantas, yang menyinggung perasaan orang lain.

"Maka harapan yang diinginkan Allah, kita menjadi orang yang bertakwa, karena Ramadhan mendidik kecerdasan emosional kita. Dan EQ merupakan karakter orang yang bertakwa," katanya.

Sementara itu, pelaksanaan Shalat Id yang diikuti ribuan muslim di Dataran Engku Putri berjalan relatif khidmat.

Di Engku Putri, berkumpul hampir seluruh pejabat Musyawarah Pimpinan Kepala Daerah Kota Batam, termasuk Wali Kota Batam Muhammad Rudi.

"Saya, atas nama FKPD mengucapkan minal aidin wal faizin, selamat Lebaran," kata Muhammad Rudi.

Nampak pula mantan Wali Kota Batam Ahmad Dahlan beserta keluarga, di tengah-tengah warga kota. (rol/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...