12 November 2019

Inilah Komunitas Hobi Beatbox, Belajar Mengeluarkan Berbagai Bunyi Lewat Suara

KONFRONTASI - Suara alunan musik yang ngebeat dengan dentuman bass yang kencang menjadi favorit generasi masa kini.

Setiap mendengarnya, perasaan semangat akan muncul dan membuat badan tak terasa akan mengikuti dentuman musik.


Jika biasanya musik seperti itu dihasilkan dari alat musik , namun beatboxer bisa mengeluarkan jenis musik tersebut dari mulutnya saja.

Tak perlu menggunakan alat musik yang beragam, seorang beatboxer bisa mengeluarkan bunyi-bunyian unik lainnya dan membuat kebanyakan orang tercengang di buatnya.

Keberadaan beatboxer di Indonesia yang cukup dikenal adalah Billy BdaBX dan Tito Gomez yang merupakan personil Fade to Black.

Hadirnya dua beatboxer ini membuat para beatboxer di berbagai daerah pun bermunculan. Di Bandung pencinta hobi beatbox ternyata cukup berkembang.

Hal ini bisa dilihat dengan tingginya peminat generasi muda untuk mengikuti berbagai kompetisi beatbox yang dihadirkan di Bandung.

Seperti Nabil Albakri (26) dan Andriz Sultan Aufa (16) keduanya memiliki hobi yang serupa yaitu beatbox. Nabil dan Andriz sama-sama mempelajari beatbox dari tayangan Youtube.

"Awalnya saya melihat tayangan Kenny Muhammad saat beatbox. Saya semakin penasaran dan nyari tahu lebih jauh soal hip hop dan belajar dari website untuk tutorialnya," ujar Nabil saat ditemui di Balaikota, Jalan Wastukancana No 2 Minggu malam (31/6/2019).


Kenny Muhammad merupakan seorang beatboxer yang cukup dikenal pada tahun 1990-an. Kenny menjadi salah satu beatboxee yang berkontribusi dalam penyebaran beatbox ke seluruh dunia.

Berbeda halnya dengan Andriz, Ia mulai menyukai beatbox ketika melihat akun Youtube dari Hikakin Daichi, seorang beatboxer asal Jepang.

"Waktu pertama kali liat mereka keren banget dan pas mencoba meniru ternyata susah juga. Saya enggak tahu bagaimana tekniknya dan hanya sekedar mencari tahu lewat Youtube saja," ujar Andriz.


Andriz dan Nabil masih merasa kurang puas jika hanya belajar lewat Youtube saja. Akhirnya hobi mereka tersalurkan dengan komunitas yang punya hobi serupa.

Kesalahan yang mereka dapatkan ketika belajar secara autodidak adalah salah pelafalan dan belajar soal tempo yang benar.

 

"Untuk pemula biasanya belajar tiga suara dasar dahulu yaitu the kick drum, snare drum, dan hi-hat," ujar Nabil.

Ia mengatakan sebenarnya ketika belajar beatbox yang diperlukan adalah kepercayaan diri karena sebagian orang ada saja yang malu ketika harus mengeluarkan bunyi-bunyian dari mulutnya ketika diliat orang banyak.

Belajar bersama teman -teman yang memiliki hobi serupa justru membuat Nabil dan Andriz merasa lebih mudah karena bisa saling berbagi cara teknik baru.

"Kalau hanya nonton di Youtube kan kita enggak tahu kita bener apa enggak. Selain itu juga nggak bisa bertanya secara langsung," ujar Andriz.

Tak hanya sekedar hobi keduanya juga menyalurkan bakatnya lewat kompetisi beatbox battle yang seringkali hadir di beberapa kota termasuk Bandung.


Nabil mengatakan jika Ia pernah menjuarai lomba beatbox dan mendapat peringkat satu saat ada kompetisi di mall BIP.

Berbeda halnya dengan Nabil, pelajar SMK Telkom ini pernah masuk kompetisi beatbox se-Jawa Barat dan masuk 8 besar dan pernah menjuarai kompetisi saat ikut lomba di Garut.(Jft/Tribunjabar)

 

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...