20 March 2019

Ini Sekelumit Potret dan Aktifitas Suku Ainu di Hokkaido, Jepang

Dibalik modernitas Negeri Sakura, terdapat juga Suku Ainu yang asli jepang di Hokkaido. Traveler pun bisa melihat kesenian mereka lewat tarian Selain tarian Sarorunchikap di perkampungan Suku Ainu di Kushiro, Jepang (Sudrajat/detikTravel)

KONFRONTASI - Seperti di berbagai tempat di dunia, Jepang juga punya suku asli. Mereka adalah Suku Ainu di Hokkaido. Yuk kita mengenal mereka lebih dekat.

Potret Suku Ainu di Hokkaido, Jepang

Ada juga tarian tradisional lainnya yang memperagakan teknik berburu satwa di hutan menggunakan panah. Tarian ini diperagakan oleh seorang pria yang sudah sepuh (Sudrajat/detikTravel) 

Potret Suku Ainu di Hokkaido, Jepang

 

Desa Suku Ainu ini terletak di tepian Danau Akan di Hokkaido. Traveler juga bisa sekalian melihat rumah adat mereka yang masih tradisional. Karena mereka biasa hidup di alam, hampir semua bangunan terbuat dari kayu. Khusus untuk atap dibuat dari anyaman ranting pepohonan, dan untuk alas mereka di dalam rumah ada anyaman kulit kayu yang menyerupai tikar (Sudrajat/detikTravel)

Potret Suku Ainu di Hokkaido, Jepang

Di bagian gerbang perkampungan biasanya mereka membangun semacam pos jaga. Pos ini juga terbuat dari balok kayu dengan median sekitar 75-85 centimeter. Bagian tengahnya sengaja dibuat kopong, lalu ada semacam potongan kayu setinggi 40 centimeter yang berguna sebagai tempat duduk (Sudrajat/detikTravel)

Potret Suku Ainu di Hokkaido, Jepang

Di perkampungan ini hingga ke area di sekitar danau Akan, traveler dapat membeli aneka kerajinan tangan suku Ainu (Sudrajat/detikTravel)

Potret Suku Ainu di Hokkaido, Jepang

Umumnya berupa pahatan kayu berbentuk aneka satwa. Harga termurah rata-rata Rp 35 ribu, dan termahal bisa sampai seratusan ribu rupiah (Sudrajat/detikTravel)

Potret Suku Ainu di Hokkaido, Jepang

Jadi bagi traveler yang menyukai budaya, tentu tidak ada salahnya mampir ke perkampungan Suku Ainu di Kushiro saat liburan ke Jepang (Sudrajat/detikTravel). (Juft/Detik)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...