24 August 2019

Gubernur Bali Usulkan Peningkatan Penghargaan Seniman Tua

Konfrontasi - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengusulkan supaya uang tunai yang diberikan kepada seniman tua, sebagai bentuk penghargaan pada para pengabdi seni, dapat ditingkatkan dari tahun-tahun sebelumnya.

"Memang mereka tidak mengharapkan seperti itu, tetapi itu bentuk penghargaan kita atas jasa-jasa mereka," kata Pastika saat memimpin rapat koordinasi Pesta Kesenian Bali ke-37, di Denpasar, Rabu (27/5).

Terkait dengan rencana pemberian uang sebesar Rp6 juta untuk setiap seniman tua yang sudah dianggarkan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Bali untuk tahun ini, menurut dia, nilainya masih terlalu kecil.

"Masak Rp6 juta, sedangkan hibah DPRD saja sampai Rp100 juta," ujarnya.

Oleh karena itu, Pastika mengusulkan supaya dicarikan sumber-sumber pendanaan lainnya agar dapat meningkatkan dana untuk seniman tua tersebut.

Pastika mengemukakan, kasihan juga jika para seniman yang sudah sepuh itu datang-datang jauh ke Denpasar, apalagi ada yang membawa tongkat harus menerima penghargaan yang nominalnya tidak seberapa.

"Di sisi lain, seniman memang seringkali merasa gagah jika hidup dalam kemiskinan. Tetapi pandangan itu tentu harus diubah, karena seniman juga mempunyai keluarga yang membutuhkan biaya hidup," katanya.

Mantan Kapolda Bali itu juga mengingatkan, terkait dengan pelestarian budaya, hendaknya jangan terlalu terlena dengan masa lalu dan melupakan masa depan.

"Saya titip tantangan bagaimana dapat mengaplikasikan ilmu dalam budaya dan mengadopsinya sesuai dengan perkembangan zaman," ujar Pastika.(akl/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...