22 August 2019

Film-film Indonesia menjadi Pembicaraan Hangat Kritikus film Prancis

KONFRONTASI-Film-film Indonesia sebenarnya mampu bersaing dengan film-film dari negara lain di Festival Film Cannes, hal ini disampaikan Kritikus film senior asal Prancis, Pierre Rissient (78).

Di hotel tempat dia menginap selama Festival Film Cannes yang berlangsung 14-25 Mei, ia menyebut "Tjoet Nja' Dhien" (1988) yang dibintangi oleh Christine Hakim sebagai salah satu film Indonesia yang dia anggap bagus.

Film "Tjoet Nja' Dhien" pernah mendapat penghargaan kategori film internasional terbaik di Festival Film Cannes tahun 1989, kata Rissient kepada Antara di kota wisata Cannes, Prancis.

Selain film itu, ia mengatakan, film "Serambi" dan "Lewat Djam Malam" yang juga pernah masuk ke Festival de Cannes.

Pria yang menurut film dokumenter "Pierre Rissient: Man of Cinema" (2007) karya Todd McCarthy berperan penting dalam lebih dari separuh abad sejarah film itu juga menyebut Indonesia punya banyak sutradara bagus seperti Usmar Ismail, Sjuman Djaya, Teguh Karya, Slamet Rahardjo, Garin Nugroho, dan Asrul Sani.

Ia juga memuji aktris Christine Hakim, yang dia jumpai pertama kali di Hongkong Film Festival tahun 1983, sebagai salah satu aset besar perfilman Indonesia.

"Dia adalah duta yang hebat untuk sinema Indonesia," kata Rissient tentang aktris peraih Piala Citra dan beberapa penghargaan internasional itu.

Dan meski mengaku tidak mengamati perkembangan film Indonesia sekarang dia yakin selanjutnya akan lebih banyak film Indonesia yang diputar di Cannes.

"Saya yakin film Indonesia akan maju bila digarap dengan sungguh-sungguh, baik dari segi naskah, akting para pemain dan juga musik," kata Rissient, yang mengaku sudah tidak banyak melakukan perjalanan dan terakhir ke Indonesia tahun 2006.

Dia juga mengatakan bahwa seperti di negara-negara lain, industri film Indonesia akan maju jika pemerintah mendukungnya.

"Sinema tidak akan berkembang tanpa dukungan pemerintah," katanya. (Wrh/ant)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...