21 April 2018

Dikbud Yogyakarta Gelar Musik Orkestra 2014

Konfrontasi - Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan gelar musik orkestra 2014 bertajuk "Gelar Tembang Nusantara" dengan melibatkan 600 seniman musik Yogyakarta.

Kepala Taman Budaya Yogyakarta sebagai UPTD Dinas Kebudayaan DIY Diah Tutuko Suryandaru di Yogyakarta, Rabu (5/11), mengatakan acara itu memiliki misi membumikan musik orkestra di kalangan masyarakat luas.

"Saat ini musik orkestra masih dipandang musik kalangan berkelas," katanya.

Ia menjelaskan gelar musik orkestra tersebut mulai 6-7 November 2014 di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY), dan 9 November 2014 di Kebon Ndhepis dan Pendopo Jamur Sendangreja, Minggir, Sleman, DIY. Secara keseluruhan akan dapat dinikmati masyarakat umum secara gratis.

Menurut dia, 600 seniman yang terlibat dalam acara tersebut terdiri atas berbagai usia, mulai anak-anak. Selain itu, akan mengikutsertakan beberapa musisi nasional.

"Gelaran musik ini aka semakin mengukuhkan Yogyakarta sebagai Kota Budaya," kata dia.

Salah satu anggota panitia Gelar Musik Nusantara, Imoeng Muljadi C.R., mengatakan acara itu akan menampilkan berbagai kolaborasi musik antara lain jazz yang dipadu dengan orkestra, serta keroncong dengan orkestra, atau jazz dengan keroncong.

"Misalnya nanti ada komposisi musik Jazz "spain" dipadu dengan keroncong atau lagu "apa-apanya dong" diaransir dengan balutan orkestra tentu lebih menarik," kata Imoeng yang juga konduktor orkestra.

Meski digarap dengan berbagai kolaborasi musik, ia menjelaskan perhelatan seni musik tersebut secara kesaluruhan akan tetap mengutamakan komposisi musik khas nusantara.

"Jadi meskipun menampilkan musik baru atau barat namun tetap digarap dengan idiom-idiom khas nusantara," kata dia.(akl/ar)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...