6 December 2019

Diajak Mengenal Budaya Subang, Bule Slovakia 'Mager'

Konfrontasi - Para mahasiswa peserta Art Camp termasuk para perwakilan dari 18 negara, antusias mengikuti rangkaian kegiatan yang berlangsung di Kampung Bolang, Desa Cibuluh, Kecamatan Tanjungsiang, Kabupaten Subang. Suasana pedesaan yang dihadirkan, seperti berbaur dan menginap di warga yang membuat mereka betah.

Apalagi dilokasi, peserta bisa keliling pesawahan hingga berenang di sungai. Malahan ada di antara perwakilan peserta yang tak mau pulang, dan ingin lebih lama lagi berada di Kampung Bolang.

Itu dikatakan, Lejla Zamecnikova asal Slovakia saat berbincang-bincang dengan warga. "Saya betah disini, tak mau pulang. Di sini alamnya bagus dan warga ramah, jadinya ingin tinggal lebih lama lagi," kata dia.

Dia juga mengungkapkan terkesan selama mengikuti Art Camp di Kampung Bolang. Ketika datang disambut hangat warga, lalu diajak mengikuti hajat lembur. "Pas hari pertama, kami bisa joget ramai-ramai bersama warga, dan merasakan naik kuda ronggeng, jadi senang disini," ujarnya.

Art Camp yang berlangsung dua hari itu merupakan kerjasama Sanggar Budaya Kampung Bolang dengan AICAD (Asia Internasional Conference Art And Design), dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung.

Selain kegiatan yang sudah dijadwalkan, peserta juga mendapat "bonus" diajak menikmati fenomena awan di bukit Pamoyanan dan mengunjungi perajin golok Barlen di Desa Cibeureum.

Di hari terakhir, Sabtu peserta mengikuti outbond permainan tradisional. Mereka antusias saat diajarkan membuat wawayangan menggunakan daun singkong. Setelah itu dilanjutkan dengan memainkan bedil jepret, main lumpur dan ditutup dengan papalidan di sungai.

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...