24 May 2018

Di Benua Eropa Lima Negara Ini Menggratiskan Biaya Kuliah di 2018

KONFRONTASI - Biaya kuliah yang mahal merupakan salah satu permasalahan bagi mereka yang ingin melanjutkan studi. Banyak yang akhirnya memutuskan untuk menuda atau tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi karena mahalnya biaya kuliah.

Dalam mengatasi permasalah tersebut ada beberapa negara di dunia yang membuat kebijkan menggratiskan biaya kuliah di sejumlah universitas di negaranya, sehingga akan lebih banyak lagi masyarakat di negaranya atau dari negara lain yang memiliki kesempatan untuk dapat melanjutkan studi.

Berikut adalah daftar negara di kawasan Eropa yang menggratiskan biaya kuliah tahun 2018:

1. Norwegia

5 Negara di Eropa Ini Menggratiskan Biaya Kuliah Tahun 2018theculturetrip.com

 

Norwegia merupakan negara yang tidak membebankan biaya kuliah baik kepada mahasiswa asli Norwegia maupun mahasiswa internasional yang mengambil gelar sarjana, master, dan PhD. Mahasiswa hanya membayar biaya semester sebesar NOK 300-600.

Hanya saja perlu diperhatikan bahwa ada beberapa program khusus yang ada di Universitas negeri maupun swasta masih membebankan biaya kuliah dan kebanyakan berada pada jenjang master. Meskipun begitu dapat dipastikan bahwa biaya kuliah program khusus di universitas swasta yang ada di Norwegia lebih murah dibandingkan dengan negara lainnya.

2. Austria

5 Negara di Eropa Ini Menggratiskan Biaya Kuliah Tahun 2018verbaliststravel.files.wordpress.com

 

Austria membebaskan kuliah di universitas negeri kepada mahasiswa internasional yang berasal dari negara terbelakang dan berkembang. Sedangkan untuk mahasiswa dari non UE dan EEA dikenakan biaya kuliah sebesar 363,36 sampai 762,72 Euro. Mahasiswa yang berasal dari Eropa tengah dan Eropa dan mengajukan pengembalian biaya kuliah sesuai dengan peraturan masing-masing universitas.

3. Jerman

5 Negara di Eropa Ini Menggratiskan Biaya Kuliah Tahun 2018ic.daad.de

 

Jerman merupakan negara yang terletak di benua Eropa yang mulai menggratiskan biaya kuliah sejak tahun 2014 baik untuk mahasiswa asli Jerman maupun untuk mahasiswa internasional. Sebisa mungkin untuk tidak memilih universitas yang terletak di negara bagian Jerman seperti negara Federal Baden Wuttemberg, karena di negara bagian tersebut masih menerapakan biaya kuliah untuk berbagai gelar yang diambil. Biaya kuliah di universitas yang terletak di negara bagian yaitu 1.500 Euro per semesternya.

4. Finlandia

5 Negara di Eropa Ini Menggratiskan Biaya Kuliah Tahun 2018escape.com.au

 

Finlandia adalah negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Negara ini menggratiskan biaya kuliah hanya untuk program doktoral atau PhD baik untuk mahasiswa Finlandia maupun untuk mahasiswa internasional. Biaya kuliah untuk sarjana dan master mulai ditepakan sejak tahun 2017, biaya tersebut tersebut dapat tertutupi jika terdaftar sebagai penerima beasiswa UAS.

5. Swedia

5 Negara di Eropa Ini Menggratiskan Biaya Kuliah Tahun 2018blogs.studyinsweden.se

 

Swedia menggratiskan biaya kuliah bagi mahasiswa yang berasal dari Swiss, UE, EEA yang menempuh gelar sarjana dan master. Sedangkan untuk mahasiswa internasional dikenakan biaya kuliah, namun biaya kuliah tersebut dapat ditutupi dengan menjadi penerima beasiswa penuh dan parsial yang disediakan oleh  sejumlah universitas di Swedia. Mahasiswa PhD di Swedia tidak dikenakan biaya kuliah dan mendapatkan gaji bulanan.(KONF/IDN TIMES)

Category: 
Loading...