16 October 2019

Boyolali Tuan Rumah Hari Pangan Sedunia Ke-36 Jatuh Pada 16 Oktober 2016

KONFRONTASI - Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-36 yang jatuh pada 16 Oktober ii, bakal diperingati di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah,

"Perhelatan ini akan diisi dengan pameran teknologi dan Demonstrasi dengan beberapa usaha tani gabungan kelompok dan akan menggunakan lahan seluas 100 hektar di Kecamatan Banyudono, Desa Trayu, Boyolali," papar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian, Muhammad Syakir di Kantornya, Jakarta, Selasa (07/06/2016).

"Gubernur Jawa Tengah (Ganjar Pranowo) sangat mendukung rencana ini. Respons beliau sangat baik dan cepat," tambah Syakir.

Kata Syakir, pemilihan lokasi di Boyolali lantaran daerah ini memiliki keanekaragaman bahan pangan yang berkembang di masyarakat Boyolali. Artinya, diversifikasi pangan perlu dikembangkan untuk menopang kedaulatan pangan.

Sekedar infomasi saja, Kementerian Pertanian ditunjuk FAO menjadi koordinator pelaksanaan HPS. Dalam hal ini, kementan menggandeng kementerian teknis lainnya semisal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Rencananya, peringatan HPS ke-36 digelar 28-30 Oktober 2016, dibuka oleh Presiden Joko Widodo. "Pak Mentan sudah buat suratnya, mudah-mudahan Pak Presiden bisa buka acara ini," harap Syakir.(Juft/Inilah)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...