25 November 2017

Biarkan Anak Belajar 'Bergaul' Mulai di Usia 1 Tahun, Betapa Pentingnya Ini bagi Anak

KONFRONTASI -   Seiring pertambahan usia anak, orang tua dianjurkan untuk sering mengenalkan dengan teman-teman sebayanya. Dengan bergaul, diharapkan kemampuan bersosialisasi anak terasah dengan baik.

"Penting bagi anak memiliki keterampilan sosial karena anak akan lebih mudah diterima oleh siapapun di lingkungannya, lebih mampu menyelesaikan masalah dengan orang lain," tutur psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani, MPsi dalam talkshow 'Dunia Sahabat SGM Eksplor' di Kota Kasablanka, Jakarta, Jumat (24/2/2017).

Dengan keterampilan sosial yang baik pula, anak diharapkan lebih mampu mengasah berbagai keterampilan hidup serta nantinya dapat membantu anak lebih bersemangat sekolah.

"Kalau tidak, anak bisa mengalami masalah emosi. Anak jadi rewel, menarik diri, biasanya juga akan sulit bergaul dan bahkan bisa ditolak teman. Jadi penting sekali anak mudah bergaul," imbuhnya.

Baca juga: Catat, Ini Tanda-tanda Anak Sudah Kecanduan Gadget

Tak perlu menunggu sampai anak berusia lebih besar, mengajak anak bersosialisasi bisa dimulai sejak dini. Dengan begitu, anak bisa belajar lebih cepat dan terbiasa bersosialisasi.

"Ada beberapa keterampilan sosial yang perlu dikuasai anak, misalnya berteman, bekerjasama, menyelesaikan pertengkaran mau mengantri dan patuh aturan. Kalau anak usia 1 tahun masih cuek sama teman sebelahnya, tidak apa-apa maaih wajar, makin sering diajak bermain bersama teman nanti anak makin peduli dengan sekitarnya" ujar wanita yang akrab disapa Nina tersebut.

Baca juga: Cerita Anak Berkursi Roda yang Dapat Bantuan 'Jalan' dari Sopir Bus.(Juft/Detik)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...